Kami salah satu konsultan ISO terbaik di indonesia dengan pengalaman lebih dari 10 tahun memberikan jasa Konsultasi ISO serta memberikan Pelatihan dan Training ISO di Jakarta. Segera hubungi kami

Saturday, February 8, 2020

Manfaat Sertifikasi ISO 14001:2015

Manfaat Sertifikasi ISO 14001 Bagi Organisasi dan Perusahaan




My gossip - ISO 14001 merupakan satu standar untuk sistem manajemen lingkungan yang telah diakui secara internasional. ISO 14001 mengatur dan mengelola resiko lingkungan secara sistematis sehingga mampu melindungi lingkungan secara baik dan dapat meminimalisir keluhan masyarakat. Berikut beberapa manfaat dari ISO 14001.

Dapat meningkatkan Efisiensi Manajemen Perusahaan

Dengan menerapkan sistem manajemen lingkungan ISO 14001 akan berdampak pada efisiensi tingkat manajerial dan akan lebih terasa efektif bila disamakan dengan sistem perusahaan kelas internasional. Tentu dengan hal tersebut menjadi langkah awal yang sangat baik bagi perusahaan ketika mau memulai langkah yang besar dalam kemajuan organisasi dan perusahaannya.

Di ISO 14001 memberikan penjelasan bahwa tingkat manajemen yang efektif tidak selalu banyak menggunakan sumber daya manusia yang banyak akan tetapi penggunaan manajemen yang efektif lebih berguna dalam mengembangkan perusahaan berikut dengan keseluruhan kualitas produk yang dihasilkan. Dengan adanya efektifitas sumber daya manusia di perusahaan fungsi pengawasan dapat ditingkatkan lagi. Dalam melakukan penjagaan mutu dilaksanakan pada saat perusahaan didirikan dan berkembang menjadi perusahaan yang besar begitu juga terhadap kualitas dan mutu.


Dapat Meningkatkan Daya Saing

Manfaat lain dari ISO 14001 adalah dapat meningkatkan daya saing perusahaan di dunia internasional. Suksesnya perusahaan bisa dinilai dari berhasilnya atau tidak perusahaan tersebut bersaing dengan perusahaan lain melalui kualitas perusahaan dan produk yang dihasilkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut menjadi syarat paling mendasar yang tidak dapat dihindari jika ingin memajukan perusahaan.

Di dalam tata kelola lingkungan perusahaan, lebih khusus ditingkat manajerial yang baik merupakan kunci utama dalam memajukan perusahaan dan organisasi. Lingkungan tidak hanya mempengaruhi di tingkat internal namun akan berdampak secara positif di tingkat eksternal terutama pada produk yang dihasilkan. Perusahaan yang berkualitas tentu dapat bertahan serta memiliki daya saing baik itu dengan perusahaan yang sama atau diatasnya. Perlu di ketahui ISO 14001 sudah diimplementasikan di berbagai negara maju dan juga sudah banyak diterapkan di perusahaan – perusahaan di indonesia. 


Dapat Meminimalisir Kerugian

Di dalam melaksanakan peningkatan jaminan pada perusahaan ditingkat internal tentu perusahaan bisa melihat hasil pada resiko yang ditanggung oleh organisasinya. Bahkan organisasi dan perusahaan mampu meminimalisir kerugian dan hilangnya produk yang bisa dialami oleh perusahaan jika menggunakan sistem manajemen lingkungan ISO 14001 untuk diterapkan pada perusahaan. Dari beberapa hal terkait peningkatan mutu dan efektifitas serta produk perusahaan telah terbukti mampu membuat perusahaan jauh lebih baik lagi dari sebelumnya.

Jika pengawasan mutu dilakukan sejak dini di tingkat manajerial tentu saja resiko gagalnya produk dapat dihindari. Demikianlah tujuan utama dari implementasi standar internasional pada produk dan perusahaan yang terdapat di berbagai negara sehingga tiap negara bisa menggunakan standar yang sama dan mempunyai kualitas produk yang bisa dijamin oleh perusahaan yang menjadi produsen dari produk tersebut. 


Share:

0 comments:

Post a Comment

Copyright © My Gossip Dot | Konsultan ISO - Training ISO - Pelatihan ISO | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com